19 May 2009

Setting Permalink di Wordpress

Permalink adalah type alamat URL yang digunakan untuk artikel atau kategori. Type permalink dari wordpress, secara default mempunyai bentuk “http://namadomain.com/?p=N“, dimana N adalah nomer ID dari artikel.

Mesin pencari tidak begitu menyukai URL yang mempunyai kode-kode seperti “?” atau “=”, oleh sebab itu itu agar alamat URL dari website kita agar disukai (friendly) oleh mesin pencari, kita dapat mengubah permalink dari website kita. Caranya adalah dengan masuk kedalam administrator dari wordpress dan menuju ke menu “Setting - Permalinks“. Dalam bagian “Common Settings” terdapat beberapa opsi yang disediakan oleh wordpress diantaranya adalah “Day and name“, “Month and name” dan “Numeric“, kita dapat mengganti dengan memilih tipe URL yang kita sukai dari ketiga opsi tersebut. Selain itu juga terdapat opsi “Custom Structure” dimana kita dapat mengganti struktur permalink nya sesuai dengan keinginan kita.

Struktur Tag Permalink

Jika kita memilih “Custom Structure“, terdapat beberapa tag yang dapat kita gunakan untuk membentuk struktur dari permalink kita, diantaranya adalah

%year%

Digunakan untuk menampilkan tahun dalam 4 digit pada saat artikel dibuat, contoh 2008.

%monthnum%

Digunakan untuk menampilkan bulan, dalam 2 digit angka, contoh 04.

%day%

Digunakan untuk menampilkan tanggal, contoh 23

%hour%

Digunakan untuk menampilkan jam, contoh 15

%minute%

Digunakan untuk menampilkan menit, contoh 45

%second%

Digunakan untuk menampilkan detik, contoh 23

%postname%

Digunakan untuk menampilkan judul artikel

%post_id%

Digunakan untuk menampilkan nomer ID dari artikel, contoh 123

%category%

Digunakan untuk menampilkan kategori artikel

%author%

Digunakan untuk menampilkan penulis artikel

Contoh Penggunaan:

Jika kita ingin menggunakan struktur permalink sendiri, tag-tag diatas cukup digabungkan dan disesuaikan dengan urutan yang kita inginkan kemudian dimasukkan kedalam opsi “Custom Structure“. Misalkan kita ingin URL website kita menggunakan struktur permalink hanya menggunakan judul artikel, maka cukup mengetikan %postname% pada “Custom Structure“.

Dengan mengubah permalink standard dari wordpress akan kelihatan alamat URL website kita enak dilihat dan mudah dibaca karena sudah tidak lagi menggunakan kode “?” dan “=”, selain dari pada itu yang paling penting URL kita akan friendly dengan mesin pencari hal ini berarti salah satu teknik SEO (Search Engine Optimation) sudah kita lakukan.


Dikutip dari: http://gembong.web.id/seri-tutorial-wordpress-setting-permalink/

Comments :

0 komentar to “Setting Permalink di Wordpress”


Post a Comment