10 March 2011

Kiat Merawat Radiator Mobil


Jika mesin mobil menjadi panas secara drastis, saatnya Anda mengecek kondisi air radiator mobil. Sebab, berkurangnya air radiator bisa disebabkan oleh penguapan dan kebocoran.

Penguapan adalah hal yang umum terjadi. Namun, jika air radiator berkurang dengan cepat dan suhu meningkat tajam dalam waktu singkat, kemungkinan terjadi kebocoran dalam radiator mobil Anda.

Maka dari itu, perawatan radiator patut di perhatikan.


Radiator adalah komponen yang berfungsi sebagai pengatur suhu mesin.

Di dalamnya, terdapat air radiator ( water cooling system) yang bertugas mendinginkan mesin. Untuk mencegah korosi, air radiator perlu diganti secara berkala. Kebocoran dalam sistem terjadi ketika air radiator terhisap masuk ke ruang bakar atau masuk ke dalam sistem pelumasan.

Anda bisa mengecek kondisi oli terlebih dahulu. Apabila warna oli berubah seperti susu, tandanya air telah masuk ke dalam sistem pelumasan. Jika warna oli tidak berubah, kemungkinan air terhisap masuk ke dalam ruang bakar.

Perlu diingat, jangan mengisi air radiator dan membuka tutup radiator ketika masih panas. Air bertekanan tinggi dan panas dari pipa radiator dapat menyembur ke atas. Kulit bisa melepuh jika terkena cipratan air radiator. Sebaiknya, isilah air radiator saat mesin sudah dingin.

Ada baiknya mengisi air radiator dengan air murni H2O. Air murni H20 bisa didapat di bengkel dan toko otomotif. Ciri-ciri air murni adalah bertutup biru dengan keterangan " bisa digunakan untuk air radiator".

Alternatif lainnya, gunakan radiator coolant. Radiator coolant berfungsi sebagai pelumas,memperlambat terjadinya korosi, dan meningkatkan titik didih air. Jika menggunakan coolant untuk radiator, sebaiknya tidak mengganti-ganti merek untuk menghindari reaksi kimia antar merek. Anda juga bisa menggunakan campuran antara air murni dan radiator coolant untuk mengisi air radiator. Dengan demikian, radiator Anda akan tetap awet, tidak mudah bocor, dan tidak mudah panas. Selamat mencoba. 


Sumber: http://www.kerjainsendiri.com/2010/12/kiat-merawat-radiator-mobil.html

Comments :

0 komentar to “Kiat Merawat Radiator Mobil”


Post a Comment